Budidaya Ikan Arwana di Kalimantan Barat

by

  budidaya arwana

Arwana atau yang lebih dikenal masyarakat pontianak dengan sebutan ikan Silok ini sebenarnya mempunyai nama latin Scleopages sp. Nama Arwana juga dikenal bermacam-macam seperti Dragon Fish, Barramundi, Sarotoga, Plataped, kelesa, siluk, kayangan, peyang, tangkelese atau arowana. Ikan tersebut dianggap sebagai Ikan keberuntungan atau ikan Hoky, karena dipercaya dapat menjaga rumah dari gangguan mahluk astral.

Jenis Arwana

budidaya arwanaArwana mempunyai bentuk tubuh yang unik, memanjang dan ramping bagaikan pisau, ciri khas yang terdapat pada ikan arwana adalah dua buah sungut yang terdapat dibibir bawah dan berfungsi sebagai sensor getar untuk mengetahui posisi mangsanya.

Saat berenang arwana terlihat anggun dengan sisik yang berkilau saat melakukan liukan, Ikan ini termasuk jenis ikan yang dilindungi karena jumlahnya yang semakin sedikit dan terbatas dengan begitu arwana menjadi jenis ikan termahal dan harus mempunyai sertifikat untuk dapat mengkoleksinya diakuarium rumah anda.

Di Kalimantan Barat jenis ikan arwana yang terkenal adalah Super Red, yang berasal dari sungai kapuas dan danau sentarum. Arwana jenis ini pada dasarnya terbagi lagi menjadi beberapa varietas berdasarkan warna, yaitu warna merah darah (blood red), merah cabe/cabai (chili red), merah oranye (orange red).

Arwana jenis ini sudah memiliki warna merah pada sirip, ekor, dayung dan sungut sejak kecil yang kemudian akan muncul juga di bagian pipi dan pinggir insang. Ring akan mulai terlihat sejak mencapai ukuran 25 cm, namun belum mengeluarkan warna merah.

Warna merah pada badan akan mulai keluar saat ikan berumur kurang lebih 3-4 tahun. Namun para hobiis sering kali menggunakan trik-trik untuk membantu mempercepat perkembangan warna, seperti tanning, pemberian pakan yang bagus untuk perkembangan warna, atau dengan menempatkan ikan di kolam yang terkena sinar matahari  langsung.Arwana super red merupakan salah satu varietas arwana kebanggaan Indonesia. Keanggunan dan warnanya membuat arwana jenis ini sangat di gemari oleh mereka yang hobi dengan ikan ini.

budidaya arwana

About Author: bangfad

Gravatar Image
Bangfad - Seorang blogger yang sering kehilangan ide menulis saat didepan komputer, telah lama belajar website yang saat itu masih bernama "homepage" hingga berubah nama menjadi "blog" namun sampai sekarang masih terlihat "cupu" namun tetap mencoba eksis di dunia Blog dan Review.

3 thoughts on “Budidaya Ikan Arwana di Kalimantan Barat

  1. Hati2 penipu redkalbar no hp 085316016269
    redkalbar@gmail.com, sdh ditransfer puluhan juta, ikan tdk kunjung datang di cargo pesawat soekarno hatta dan bag karantina. Penipu ini dari Sumedang dgn bank mandiri dan bca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.