Event Creative Engineer for 4th Industry Revolution

by

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Tanjungpura menyelenggarakan sebuah event perdana dengan mengusung tema “Creative Engineer for 4th Industry Revolution” yang diwadahi oleh kepanitiaan bernama “Chemical Engineering Creatifest”. Acara ini terselenggara karena di latar belakangi oleh perkembangan teknologi yang begitu pesat salah satunya pada bidang industri. Saat ini dunia telah memasuki era revolusi industri keempat. Revolusi industri generasi keempat ini ditandai dengan kemunculan superkomputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, editing genetik dan perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi otak. Apabila hal ini tidak ditanggapi serius, puluhan juta penduduk Indonesia akan kehilangan pekerjaannya akibat “destruction effect” (efek kehancuran).  

Bersama Untan Membangun Negeri

Acara yang kami selenggarakan ini memungkinkan peserta mendapatkan solusi menghadapi destruction effect. Kegiatannya terdiri dari 2 item yakni essay competition dan Seminar Nasional. Sasaran essay competition sendiri yakni siswa/i SMA/SMK/MA se-Kota Pontianak. Tema dari essay competition adalah “Peranan Pelajar dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030”. Sedangkan sasaran Seminar Nasional adalah Mahasiswa/i dan kalangan umum.

Tujuan secara umum diadakan  acara ini yaitu mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang lebih kreatif dan inovatif sehingga mampu menghadapi tantangan industri 4.0 serta dapat bersaing secara global. Sedangkan tujuan dan manfaat spesifik dari masing-masing kegiatan (essay competition dan Seminar Nasional) adalah meningkatkan antusiasme dan kreatifitas para pelajar di Kota Pontianak dalam berkarya dan berinovasi serta mendapatkan pengetahuan dan wawasan tentang kreatifitas guna menghadapi revolusi industri keempat.

Bagi para pembaca yang ingin berpartisipasi dalam acara ini dapat mengikuti semua informasi pada akun sosial media kami berupa instagram (@cecreatifest2018), line (@hkd2082t) dan Facebook (fb.me/CECOfficial). (Siti Atisya)

About Author: bangfad

Gravatar Image
Bangfad - Seorang blogger yang sering kehilangan ide menulis saat didepan komputer, telah lama belajar website yang saat itu masih bernama "homepage" hingga berubah nama menjadi "blog" namun sampai sekarang masih terlihat "cupu" namun tetap mencoba eksis di dunia Blog dan Review.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *