Home 150 Berita 150 Ide Unik “Tugu Kuntilanak” Ramaikan Media Sosial

Ide Unik “Tugu Kuntilanak” Ramaikan Media Sosial

Ide Unik “Tugu Kuntilanak” yang digagas oleh Kadis Porpar Kalimantan Barat, Kartius berwacana akan mendirikan Tugu Kuntilanak yang menuai kontroversi namun walau berbeda pendapat dengan Walikota Pontianak, Sutarmiji yang sempat meminta pendapat melalui media sosial tentang wacana dibangunnya Tugu Kuntilanak ini hampir semua komentar di Facebook Bang Midji ini tidak mendukung pembangunan ini, ada beberapa komentar yang ingin dana pembangunan patung dialihkan ke pembangunan lain seperti mempercantik taman kota, menjadikan pontianak taman sungai dan lain sebagainya.

Diambil dari laman Wikipedia, dalam cerita rakyat Melayu, sosok Kuntilanak digambarkan dalam bentuk wanita cantik. Dia adalah perempuan yang meninggal saat melahirkan dan arwahnya gentayangan untuk balas dendam. Kuntilanak digambarkan senang meneror penduduk kampung untuk menuntut balas. Kuntilanak sewaktu muncul selalu diiringi harum bunga kemboja, konon laki-laki yang tidak berhati-hati bisa dibunuh sesudah Kuntilanak berubah wujud menjadi penghisap darah.

Hantu Kuntilanak yang didalam bahasa Malaysia disebutkan Puntianak diceritakan sering menjelma sebagai wanita cantik yang berjalan seorang diri dijalan yang sunyi. Dalam cerita seram dan film horor di televisi Malaysia, Kuntilanak digambarkan membunuh mangsa dengan cara menghisap darah di bagian tengkuk, seperti vampire.

Hantu Kuntilanak dalam cerita rakyat Singkawang, hantu yang suka bersemayam dipohon-pohon rindang seperti, Pohon Beringin, Pohon Ketapang dan mencari mangsa seorang pemuda yang belum menikah, namun hantu ini tidak begitu suka dengan para wanita, dalam cerita rakyat melayu Singkawang, jika hantu ini datang kerumah untuk mencari mangsa, para wanita yang ada dirumah tersebut bertelanjang dada sambil mencaci maki hantu tersebut hingga hantu tersebut menangis dan pergi dari rumah tersebut.

Terlepas dari semua cerita yang melibatkan kuntilanak tersebut, tugu yang akan dibangun rencananya memiliki tinggi 100 meter dengan pondasi menyerupai candi (berundak) dan jika terlaksana maka icon pontianak menjadi dua yang kini kita kenal sebagai Monumen Tugu Khatulistiwa dan nantinya akan ada Tugu Kuntilanak yang akan menjadi bangunan tertinggi dikalbar.

About bangfad

Bangfad - Seorang blogger yang sering kehilangan ide menulis saat didepan komputer, telah lama belajar website yang saat itu masih bernama "homepage" hingga berubah nama menjadi "blog" namun sampai sekarang masih terlihat "cupu" namun tetap mencoba eksis di dunia Blog dan Review.

Check Also

BREAKING NEWS: Mapomdam XII Tanjungpura habis Terbakar

Markas Polisi Militer Kodam XII/Tanjungpura (POMDAM XII/Tanjungpura) dilalap Si Jago Merah, yang bealamat di Jalan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *