Home 150 Berita 150 Pernikahan Sehat Menuju Keluarga SAMAWA

Pernikahan Sehat Menuju Keluarga SAMAWA

seminar-bkmtPontianak.web.id – BKMT (Badan Kontak Majelis Taklim) Provinsi Kalimantan Barat mengadakan Seminar dengan tema Pernikahan Sehat Menuju Keluarga Sakinah, Mawardah, Warohmah yang dilaksanakan di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat pada Tanggal 7 Oktober 2016.

Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Kalimantan Barat yang juga ikut serta sebagai pemateri yang disajikan oleh Plt. Kepala BKKBN Kalbar Drs. Kusmana yang didampingi Kabid Latbang, Drs. Gun Djamani membahas masalah Pentingnya Keluarga Berencana dalam Membangun Keluarga Samawa dengan menjaga usia Kawin Pertama agar siap dalam segala hal, baik Mental maupun Spiritual.

Menciptakan keluarga yang bahagia sakinah mawaddah warahmah dan keluarga yang islami adalah merupakan bagian dari salah satu tujuan pernikahan di dalam islam itu sendiri. Tujuan manfaat pernikahan dalam Islam adalah merupakan bagian dari mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang merupakan panutan kita dalam kehidupan dunia maupun akhirat.

Agama Islam telah memberikan petunjuk yang lengkap dan rinci terhadap persoalan pernikahan. Mulai dari anjuran menikah, cara memilih pasangan yang ideal, melakukan khitbah (peminangan), bagaimana mendidik anak

Serta memberikan jalan keluar jika terjadi kemelut dalam rumah tangga, sampai dalam proses nafaqah (memberi nafkah) dari suami kepada istrinya serta juga persoalan harta waris dalam keluarga, semua diatur oleh Islam secara rinci, detail dan gamblang.

Dalam seminar yang dihadiri oleh Ketua BKMT Provinsi Kalimantan Barat, Hj. Saadah ini menjelaskan Tujuan Pernikahan Dalam Membentuk Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah. Mengenai tujuan sebuah pernikahan dalam agama Islam adalah terdapat dalam dalil Al-Qur’an mengenai keutamaan menikah yaitu firman Allah Ta’ala yang artinya :

“Dan di antara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah ia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih (mawaddah) dan sayang (rahmah). Sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kamu yang berfikir.” (QS Ar Rum : 30: 21).

Dalam Islam tujuan pernikahan itu antara lain adalah sebagai berikut :

  • Untuk Memenuhi Tuntutan Naluri Manusia Yang Asasi.
  • Untuk Membentengi Akhlaq Yang Mulia.
  • Untuk Menegakkan Rumah Tangga Yang Islami.
  • Untuk Meningkatkan Ibadah Kepada Allah.
  • Untuk Memperoleh Keturunan Yang Shalih Shalihah. (bangfad)

About bangfad

Bangfad - Seorang blogger yang sering kehilangan ide menulis saat didepan komputer, telah lama belajar website yang saat itu masih bernama "homepage" hingga berubah nama menjadi "blog" namun sampai sekarang masih terlihat "cupu" namun tetap mencoba eksis di dunia Blog dan Review.

Check Also

BREAKING NEWS: Mapomdam XII Tanjungpura habis Terbakar

Markas Polisi Militer Kodam XII/Tanjungpura (POMDAM XII/Tanjungpura) dilalap Si Jago Merah, yang bealamat di Jalan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *