Home 150 Berita 150 Puncak Acara Pesona Smart B-MORE 2015

Puncak Acara Pesona Smart B-MORE 2015

Puncak Acara Pesona Smart B-MORE 2015

bmor2015Acara puncak kegiatan Borneo Mupen On The Road 2015 yang dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat yang dihadiri oleh, Kepala BKKBN Republik Indonesia, Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Waka Polda Provinsi Kalimantan Barat, Anggota DPR, Ketua Bidang KKBPK DPP KNPI, Jajaran Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan, serta jajaran Kodam XII Tanjungpura, Polda Kalbar, dan para Stakeholder.

Tema BMOR 2015

Best Mother merupakan tema yang diangkat pada kegiatan kali ini dengan makna memberikan penghargaan dan mengajak orang tua khususnya para ibu untuk menjadi ibu yang baik dalam sebuah keluarga karena peran ibu menjadi penting untuk membangun generasi-generasi yang baik.

Pada tahun 2013 tercatat 486 Mobil Unit Penerangan BKKBN se-Indonesia namun dirasakan belum optimal dalam menyampaikan informasi-informasi program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, dengan begitu kegiatan kali ini bertujuan untuk memaksimalkan peran MUPEN dalam penyampaian informasi hingga kepelosok daerah yang mencakup daerah terpencil dan perbatasan.

BMOR kali ini diharapkan dapat menggaungkan kembali Program-program KKBPK dimana pada lima tahun terakhir menurut survei RPJMN 2013 informasi mengenai KKBPK masih kurang menyentuh didaerah-daerah. BMOR menjadi media Promosi dan Pencitraan serta dapat meningkatkan stakeholder.

Hubungan Revolusi Mental dan BKKBN

BKKBN yang mempunyai tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk, meningkatkan kualitas penduduk dan mobilitas penduduk melalui program keluarga berencana, pengaturan jarak kelahiran dan menurunkan angka pernikahan muda serta memberi anjuran untuk memiliki 2 anak agar tercipta keluarga yang berkualitas dengan menjalankan 8 fungsi keluarga, yaitu:

  1. Fungsi keagamaan, yaitu dengan memperkenalkan dan mengajak anak dan anggotakeluarga yang lain dalam kehidupan beragama, dan tugas kepala keluarga untukmenanamkan bahwa ada kekuatan lain yang mengatur kehidupan ini dan ada kehidupanlain setelah di dunia ini.
  2. Fungsi sosial budaya, dilakukan dengan membina sosialisasi pada anak, membentuknorma-norma tingkah laku sesuai dengan tingkat perkembangan anak, meneruskan nilai-nilai budaya keluarga
  3. Fungsi cinta kasih, diberikan dalam bentuk memberikan kasih sayang dan rasa aman, sertamemberikan perhatian diantara anggota keluarga
  4. Fungsi melindungi, bertujuan untuk melindungi anak dari tindakan-tindakan yang tidakbaik, sehingga anggota keluarga merasa terlindung dan merasa aman
  5. Fungsi reproduksi, merupakan fungsi yang bertujuan untuk meneruskan keturunan,memelihara dan membesarkan anak, memelihara dan merawat anggota keluarga
  6. Fungsi sosialisasi dan pendidikan, merupakan fungsi dalam keluarga yang dilakukan dengancara mendidik anak sesuai dengan tingkat perkembangannya, menyekolahkan anak.Sosialisasi dalam keluarga juga dilakukan untuk mempersiapkan anak menjadi anggotamasyarakat yang baik
  7. Fungsi ekonomi, adalah serangkaian dari fungsi lain yang tidak dapat dipisahkan darisebuah keluarga. Fungsi ini dilakukan dengan cara mencari sumber-sumber penghasilanuntuk memenuhi kebutuhan keluarga, pengaturan penggunaan penghasilan keluarga untukmemenuhi kebutuhan keluarga, dan menabung untuk memenuhi kebutuhan keluarga dimasa datang.
  8. Fungsi pembinaan lingkungan, adalah menciptakan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan masyarakat sekitar dan alam.

Pada acara puncak ini juga disampaikan pentingnya menyiapkan memasuki Bonus Demografi di Kalimantan Barat untuk meningkatkan produktivitas penduduk Kalimantan Barat.

Usai membacakan Ikrar Pemuda Sahabat BKKBN, dilakukan konvoi Mobil unit penerangan BKKBN mengeliingi pusat Kota Pontianak yang diikuti oleh 195 peserta dari 24 Kabupaten Kota yang berasal dari Zona Kalimantan dengan jumlah Mupen sebanyak 39 Mobil.

 

About bangfad

Bangfad - Seorang blogger yang sering kehilangan ide menulis saat didepan komputer, telah lama belajar website yang saat itu masih bernama "homepage" hingga berubah nama menjadi "blog" namun sampai sekarang masih terlihat "cupu" namun tetap mencoba eksis di dunia Blog dan Review.

Check Also

BREAKING NEWS: Mapomdam XII Tanjungpura habis Terbakar

Markas Polisi Militer Kodam XII/Tanjungpura (POMDAM XII/Tanjungpura) dilalap Si Jago Merah, yang bealamat di Jalan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *