Home 150 Review 150 Remaja GenRe harus paham, pentingnya Inisiasi Menyusui Dini

Remaja GenRe harus paham, pentingnya Inisiasi Menyusui Dini

asiRemaja adalah masa transisi dari masa anak-anak menuju masa dewasa, dengan begitu tumbuh dan berkembangnya masa dewasa ditentukan oleh masa transisi tersebut yaitu masa remaja, Program GenRe+ (Generasi Berencana Plus) yang di usung oleh pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional sedang gencar melakukan pembinaan kepada para remaja melalui program-programnya yang menitik beratkan pendidikan remaja terutama pada Kesehatan Reproduksi.

Saat Kunjungannya di Bumi Khatulistiwa, Kepala BKKBN RI yang berkesempatan hadir dalam kegiatan pembinaan pegawai BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, menitik beratkan kepada pentingnya pemahaman dan pengetahuan terhadap IMD (Inisiasi Menyusui Dini) dimana Inisiasi Menyusui Dini adalah memberikan kesempatan pada bayi untuk mulai menyusu segera setelah bayi dilahirkan.

Namun ada beberapa tahapan yang harus dipahami dalam proses IMD tersebut yaitu begitu lahir, bayi tidak dipisahkan, tetapi langsung diletakan didada ibu. Bayi tidak dimandikan, hanya dikeringkan dengan cara diseka kecuali daerah tangannya, lemak putih pun masih dibiarkan menempel ditubuh bayi. Semua tindakan invasif pada bayi seperti suntikan dan pemberian vitamin seharusnya ditunda dahulu.

Menurut situs bidanku.com, Untuk proses menyusui kadang bayi membutuhkan waktu sekitar setengah hingga satu jam untuk merangkak diatas payudara dan mulai menyusu. Berdasarkan pengalaman, bayi lebih suka “berjalan-jalan” diatas perut ibu, dan bayi sebenarnya tidak siap menyusu segera setelah lahir. Jangan khawatir jika ini terjadi pada bayi karena 95% bayi menangis bukan karena kelaparan, tapi karena dia dipisahkan dari ibunya. Karena berdasarkan penelitian, seorang bayi yang baru lahir, dibekali dari rahim ibunya untuk bertahan selama 2-3 hari tanpa makanan. Jadi jangan pernah minta diberikan susu formula untuk si bayi, walau air susu ibu belum keluar.

Manfaat IMD Bagi ibu dan Bayi

Inisiasi Menyusui Dini sangat besar manfaatnya dan sosialisasi mengenai IMD beserta manfaatnya sangatlah penting diberikan kepada Remaja-remaja yang sejatinya akan menjadi Ayah dan Ibu bagi anak-anak mereka, Manfaat dari IMD antara lain adalah:

Ketika menyusu, oksitosin akan dilepas. Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan kontraksi, sehingga otot rahim akan berkontraksi seperti semula dan ukurannya kembali normal, sehingga dapat mengurangi pendarahan pasca persalinan.

Inisiasi dini dapat mengurangi stres pada bayi. Terdapat kemampuan kulit ibu untuk menyesuaikan suhunya dengan suhu yang dibutuhkan bayi. Bayi akan tampa lebih tenang, denyut jantungnya pun stabil. Selain itu, pemberian ASI pada jam-jam pertama dapat menekan angka kematian bayi pada beberapa bulan pertama kehidupannya.

Kontak kulit dalam tahapan IMD sangat penting karena dapat mempengaruhi suhu tubuh bayi, saat bayi berada pada dada ibu, secara automatis dapat menghangatkan bayi dengan tepat sehingga dapat menurunkan angka kematian bai akibat penurunan suhu tubuh atau yang dikenal dalam istilah medis hipotermia.

Selain itu kontak kulit dapat mengeratkan hubungan ibu dan bayi secara emosional dan memberikan rasa tenang kepada ibu dan bayi. Kulit ibu memindahkan bakteri kulit ibu ke kulit bayi. Dengan menjilat, bayi akan menelan bakteri, sehingga menyaingi bakteri ganas dari lingkungannya, sehingga bayi mempunyai daya tahan lebih tinggi.

Kolostrum mengandung lebih dari 95 jenis factor imunitas yang berguna untuk melawan penyakit akibat infeksi virus, bakteri, jamur dan bibit penyakit lainnya. Immunoglobulin (Antibodies: IgG, IgA, IgM, IgD, IgE), meningkatkan daya imunitas tubuh terhadap serangan berbagai jenis penyakit dan bibit penyakit. Proline-rich Polypeptide adalah hormone yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan aktifitas kerja imunitas tubuh sehingga terhindar dari under active immune system ataupun over active immune system (Auto immune disorder). Lactoferrin adalah protein yang berfungsi sebagai anti-virus, anti bakteri, dan meningkatkan kadar oksigen pada jaringan tubuh.

Inisiasi menyusui dini merupakan langkah awal untuk memberikan ASI Eksklusif pada bayi. Suatu penelitian menyatakan bahwa angka kematian bayi menurun tajam pada bayi yang diberi ASI pada jam pertama kehidupannya. Kandungan ASI yang keluar pertama kali, yang disebut kolostrum, mengandung antibodi dan zat-zat penting bagi bayi. Dengan demikian bayi akan terlindung dari infeksi dan penyakit.

Inisiasi menyusui dini dapat membantu merangsang produksi ASI, sehingga meningkatkan keberhasilan pemberian ASI eksklusif. Bayi yang lahir normal namun dipisahkan dari ibunya, ternyata 50% diantaranya tidak bisa menyusu sendiri. Bayi yang lahir dengan obat-obatan dan tidak dipisahkan dari ibu, tidak semua dapat menyusu, namun bayi yang lahir dengan obat-obatan atau tindakan dan dipisahkan dari ibunya, ternyata 100% tidak dapat menyusu sendiri.

Inti dari inisiasi adalah adanya kontak kulit dini (early skin-to-skin contact) minimal satu jam antara bayi dan ibu. Dalam satu jam pertama daya refleks bayi menghisap puting susu dibangun dengan optimal. Karena itu, tenaga kesehatan, baik dokter maupun bidan, seharusnya tidak memisahkan bayi dan ibu pada satu jam pertama dengan berbagai kegiatan, seperti memandikan, menimbang berat, maupun mengukur panjang bayi.

Ada sejuta manfaat dari inisiasi menyusu dini. Saat bayi menjilati kulit ibunya, bakteri baik yang terdapat di kulit ibu akan masuk ke dalam usus yang sangat bermanfaat bagi pencernaan si bayi. Sedangkan persentuhan kulit ibu dengan bayi akan memberikan kehangatan bagi bayi. Alhasil, hubungan emosional antara ibu dan bayi akan lebih erat terjalin. Saat bayi menciumi aroma tubuh sang ibu, sebenarnya dia sedang mengenali dan merekam bau tubuh ibu buat selamanya. (bangfad)

About bangfad

Bangfad – Seorang blogger yang sering kehilangan ide menulis saat didepan komputer, telah lama belajar website yang saat itu masih bernama “homepage” hingga berubah nama menjadi “blog” namun sampai sekarang masih terlihat “cupu” namun tetap mencoba eksis di dunia Blog dan Review.

Check Also

ASUS ZenFone 3 Max, Smartphone dengan 7 Keunggulannya.

Tingginya pangsa pasar Smartphone di Indonesia membuat para vendor Smartphone berlomba-loma dalam memberikan yang terbaik ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *