Home 150 Berita 150 Sail Karimata: Tujuan Wisata di Kabupaten Kayong Utara

Sail Karimata: Tujuan Wisata di Kabupaten Kayong Utara

karimata

Pulau Karimata memiliki luas sekitar 77.000 hektare yang berstatus Suaka Alam Laut (SAL), menjanjikan keindahan bawah laut yang belum banyak dikenal oleh para pehobi kegiatan bawah laut di Indonesia. Di samping eksotisme taman lautnya, potensi landscape kepulauan yang dihuni oleh lebih dari 1.400 jiwa ini menawarkan pesona yang tidak kalah menawan.

Secara geografis, kepulauan ini berada di selat perairan antara Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera. Gugusannya terdiri dari dua pulau besar, yaitu Pulau Karimata dan Pulau Serutu, serta beberapa pulau kecil nan memesona, diantaranya Pulau Kelumpang, Pulau Buluh, Pulau Belian, Pulau Busung, Pulau Segunung, Pulau Genting, Pulau Serungganing dan Pulau Kera.

Karimata dapat dijadikan alternatif wisata laut di Tanah Air. Berbagai agenda akan digelar pada Festival Karimata di antaranya journalist trip, lomba memancing, lomba foto, lomba sampan nelayan, wisata kuliner yang hingga kini total pesertanya sudah sekitar 300 orang.

Tak salah pemerintah meluncurkan program Sail Selat Karimata (Sail Karimata) sebagai salah satu destinasi di Indonesia. Karena sepanjang selat ini menyuguhkan pesona alam nan istimewa dengan laut biru, pepohonan hijau, dan aneka flora sepanjang Pulau Sumatera hingga Kalimantan.

Sail Karimata akan melalui selat yang menghubungkan Laut Cina Selatan dengan Laut Jawa. Selat yang berlebar 150 kilometer melewati Propinsi Riau, termasuk Pulau Karimata, Bangka Belitung, dan Kalimantan Barat. Berbagai acara akan digelar, mulai dari karnaval fesyen, balap perahu naga, ekspo kuliner, hingga pertunjukan seni.

Candi Muara Takus

Candi Muara Takus merupakan candi Buddha tertua di Pulau Sumatera. Candi ini terletak di desa Muara Takus, kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Riau. Jarak tempuh dari kota Pekanbaru ke candi sekitar 3,5 jam menggunakan mobil dan lalu lintas tidak macet. Menurut ahli, keberadaan candi telah ada pada zaman Kerajaan Sriwijaya. Namun ada juga yang mengatakan bahwa candi berdiri pada abad ke-4, ke-7, dan ke-11. Berbeda dengan candi di Jawa yang umumnya diperkuat oleh batu andesit pegunungan, Candi Muara Takus tersusun atas batu pasir, batu sungai, dan batu bata.

Pantai Pengudang

Indonesia memiliki banyak destinasi menawan, salah satunya Pantai Pengudang di desa Pengudang, kecamatan teluk Sebong, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Dari ibukota kabupaten ke pantai, Anda cukup menempuh waktu sekitar 30-45 menit. Namun ingat, jalan terjal dan tikungan tajam mewarnai rute ke pantai sehingga Anda perlu ekstra hati-hati dalam berkendara. Meski demikian pantai pasir putih ini layak disambangi. Pasalnya, pantai dikelilingi bentangan ilalang disertai pohon kelapa dan batu-batu besar.

Pulau Kepayang

Pulau Kepayang merupakan salah satu pulau di Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Pulau ini terkenal dengan lautan hijau dan nelayannya yang menjemur hasil tangkapan. Tak hanya itu, lingkungan sekitar pulau bersih dan warga setempat yang ramah. Rencananya, pemkab akan menjadikan pulau ini sebagai destinasi konservasi. Setiap pelancong yang datang wajib melakukan aktivitas ramah lingkungan. Di sekitar Pulau Kepayang, ada juga pulau Serunai, desa Padang, atau Tanjung Serunai.

Bangka Belitung

Kepopuleran Bangka Belitung meroket tatkala film “Laskar Pelangi” sukses di box office Indonesia. Pemerintah propinsi dan kabupaten cepat berbenah sehingga Pulau Bangka dan Pulau Belitung menjadi destinasi favorit para pelancong. Tengok saja Pantai Parai Tenggiri, Pantai Penyusuk, Pulau Lengkuas, Danau Kaolin, tempat pengungsian Soekarno-Hatta, hingga Museum Kata Andrea Hirata.

Bagi Anda yang ingin ikut ambil bagian dalam acara Sail Karimata, acara ini akan diadakan pada Oktober mendatang. Anda masih punya cukup waktu untuk mempersiapkan liburan. Untuk memudahkan persiapan liburan, Anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi yang ada pada ponsel Anda.

Misalnya saja untuk membeli tiket pesawat dan hotel, biasanya beberapa situs atau aplikasi memberikan potongan harga yang cukup menggiurkan jika Anda melakukan pembelian lewat aplikasi. Tak hanya itu, selama perjalanan, Anda juga bisa mengandalkan ponsel pintar kesayangan sebagai teman perjalanan yang bisa membantu Anda mengabadikan momen indah dan juga meminimalisasi kemungkinan Anda tersesat dengan mengoptimalkan fitur GPS.

Sumber: sailkarimata.com

About bangfad

Bangfad - Seorang blogger yang sering kehilangan ide menulis saat didepan komputer, telah lama belajar website yang saat itu masih bernama "homepage" hingga berubah nama menjadi "blog" namun sampai sekarang masih terlihat "cupu" namun tetap mencoba eksis di dunia Blog dan Review.

Check Also

BREAKING NEWS: Mapomdam XII Tanjungpura habis Terbakar

Markas Polisi Militer Kodam XII/Tanjungpura (POMDAM XII/Tanjungpura) dilalap Si Jago Merah, yang bealamat di Jalan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *