Home 150 Berita 150 Semarak Karnaval Khatulistiwa dalam Rangka HUT RI ke-70 di Pontianak

Semarak Karnaval Khatulistiwa dalam Rangka HUT RI ke-70 di Pontianak

Karnaval Khatulistiwa 2015Pontianak dengan lintasan garis khatulistiwanya patut berbangga pasalnya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70 ini akan digelar Perhelatan Rakyat dengan tajuk “Karnaval Khatulistiwa” di Kota Khatulistiwa ini.

Acara yang akan digelar pada tanggal 22 Agustus 2015 di Pontianak, Kalimantan Barat ini merupakan pesta rakyat yang menampilkan parade Kebudayaan Nusantara dan melibatkan ribuan masyarakat, pelaku seni, budayawan se-Indonesia.

Karnaval Khatulistiwa rencananya akan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan dihadiri oleh para pejabat. Karnaval Khatulistiwa berisi rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di darat dan dialiran sungai Kapuas, Pontianak Kalimantan Barat, juga menampilkan sejumlah artis dan musisi papan atas guna memeriahkan Acara Puncaknya nanti.

Karnaval Khatulistiwa, Perayaan Kemerdekaan untuk Bangkitkan Kemandirian dan Optimisme Bangsa

Karnaval darat akan menampilkan arak-arakan kendaraan hias dan pejalan kaki dengan menggunakan kostum Adat Melayu dan Dayak dengan start dari Rumah Betang (rumah adat Dayak Kalimantan Barat) melewati Rumah Melayu (rumah adat Melayu yang tak jauh dari rumah betang) dengan melibatkan para penari adat setempat.

Peserta Karnaval Khatulistiwa ini dihadiri 15 Provinsi dengan membawa budaya khas dari masing-masing daerah, untuk karnaval air menyusuri Sungai Kapuas Besar dan  Sungai Kapuas Kecil menggunakan sampan atau perahu tradisional yang dihias. Sebanyak 1.500 perahu hias dari 18 provinsi, termasuk Kalimantan Barat, akan berpartisipasi dalam karnaval air ini. Pelepasan Konvoi perahu hias dilakukan oleh Presiden Jokowi dengan menyalakan meriam karbit dari anjungan depan Masjid Sultan Abdurrahman yang dibangun pada tahun 1771.

Puncak rangkaian kegiatan Karnaval Khatulistiwa, pada malam hari akan digelar panggung hiburan rakyat yang menampilkan sejumlah artis dan musisi, antara lain grup musik Slank, Ello, dan beberapa artis lokal. Selain itu, akan ada pertunjukan kembang api untuk melengkapi suasana perayaan hari kemerdekaan.

RUTE Karnaval Khatulistiwa

ROADMAP KARNAVAL

Sumber: karnavalkhatulistiwa.id

About bangfad

Bangfad - Seorang blogger yang sering kehilangan ide menulis saat didepan komputer, telah lama belajar website yang saat itu masih bernama "homepage" hingga berubah nama menjadi "blog" namun sampai sekarang masih terlihat "cupu" namun tetap mencoba eksis di dunia Blog dan Review.

Check Also

BREAKING NEWS: Mapomdam XII Tanjungpura habis Terbakar

Markas Polisi Militer Kodam XII/Tanjungpura (POMDAM XII/Tanjungpura) dilalap Si Jago Merah, yang bealamat di Jalan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *