Home 150 Khas Pontianak 150 Tempoyak Makanan Khas Pontianak

Tempoyak Makanan Khas Pontianak

resep membuat tempoyak durian
Tempoyak Durian (sumber: mamadidapur.blogspot.com)

Seperti pepatah dimana ada gula disitu ada semut begitu juga dengan durian, dimana ada durian disitu ada tempoyak, nah tempoyak adalah permentasi dari daging durian, bagi anda yang doyan dengan buah yang berkulit duri ini pasti sudah tidak asling lagi dengan yang namanya TEMPOYAK (bahasa pontianak) TEMPUYAK (bahasa singkawang/sambas).

Makanan ini mudah didapat saat sedang musim panen durian tiba, jika ingin membeli tempoyak yang baru sebaiknya membeli dipasar besar (pasar mawar di pontianak) saat malam hari, sambil menjual buah durian yang segar-segar para penjual juga menjual tempoyak hasil dari permentasi daging durian.

Ingin tau resep Tempoyak, Simak artikelnya di sini: Resep Cara membuat tempoyak durian

Ciri khas tempoyak ini adalah aromanya yang khas saat dimasak, kadang ada yang mencampur dengan udang segar atau teri saat mengolah barang yang satu ini. Untuk di daerah Kalimantan Barat tempoyak banyak diproduksi saat musim buah, yatu awal tahun dan akhir tahun atau disaat musim panen durian.

Cara menikmatinya tempoyak dapat dimakan begitu saja dengan nasi hangat ini bagi yang sudah terbiasa mengkonsumsi tempoyak namun bagi yang baru belajar menikmatinya, tersedia bermacam makanan dengan bumbu tempoyak. Tidak hanya di Indonesia, di Malaysia pun tempoyak menjadi makanan yang banyak digemari. Apalagi di masak sambal campur pete, dimakan dengan nasi dan lalap timun.

Bagi pemula sebaiknya belajar dulu cara membuatnya dengan ukuran yang sedikit sambil mencoba rasanya, untuk membuat permentasinya hanya perlu satu buah durian tidak harus yang bagus dan rasanya enak, pilih yang rasanya asam juga boleh karena nantinya setelah diambil dagingnya simpan dalam wadah tertutup dan dikasi 2 sendok makan garam, biarkan hingga 1-2 hari, kemudian panaskan minyak makan, masukan irisan bawang putih, bawang merah, udang (sudah direbus) tunggu sampai keluar aroma bawangnya. kemudian masukan tempoyak dan aduk hingga rata, untuk bumbu masukan gula, garam secukupnya jika ingin pedas masukan irisan cabe rawit atau cabe yang sudah dihaluskan bersamaan dengan irisan bawang tadi, silakan dicicipi jika enak dilanjutkan jika rasanya aneh, coba dicicipi dan dimakan dengan nasi, semoga bisa menambah selera makan anda.

About bangfad

Bangfad - Seorang blogger yang sering kehilangan ide menulis saat didepan komputer, telah lama belajar website yang saat itu masih bernama "homepage" hingga berubah nama menjadi "blog" namun sampai sekarang masih terlihat "cupu" namun tetap mencoba eksis di dunia Blog dan Review.

Check Also

Sejarah Meriam Khas Pontianak

Sejarah Permainan Meriam Karbit Sejarah permainan tradisional warga Pontianak ini tak lepas dari sejarah berdirinya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *