Portal Khatulistiwa

Berita - Jasa - Iklan - Review - Produk - Lokal - Website

Tips memilih nama domain yang baik

Tips memilih nama domain yang baik

Domain adalah kumpulan dari huruf yang memiliki panjang 63 karakter yang terdiri dari huruf dan angka dan tidak boleh menggunakan karakter apapun selain tanda “-” yang diletakan diantara kata (tidak bisa di awal dan di akhir). Domain itu sendiri berfungsi sebagai alias atau dengan kata lain domain berfungsi untuk mempermudah kita dalam mengingat alamat sebuah website. Pada dasarnya setiap webhosting mempunya 1 atau lebih IP, jadi sebenarnya website bisa diakses dari ip tersebut melalui sebuah browser. Misalkan IP untuk website pontianak.web.id adalah 202.134.1.20 jadi untuk mengakses website tersebut sobat bisa mengetikan https://202.134.1.20 dan munculah website tersebut dihalaman browser sobat.

Mengapa kita butuh Domain?

Kita butuh domain karena kita sering lupa, Karena kita malas untuk mengingat, dan yang pasti domain mempermudah kita mengingat alamat suatu website. lantas bagai mana kita memilih domain yang baik?

Tips memilih Domain yang baik:

Identik: Pilih Nama yang sesuai dengan karakteristik dan tema isi dari website tersebut. Contoh: untuk website pribadi gunakan nama sobat sebagai domainnya, jika digunakan untuk kantor tempat sobat berkerja gunakan kata atau kalimat dari nama tempat sobat berkerja.

Kredibilitas: Untuk perusahaan yang berada di Indonesia gunakan domain yang memang khusus di peruntukan untuk perusaan (co.id), jika sobat memilih domain untuk aktifitas akademi ataupun edukasi silakan memilih (ac.id), untuk personal bisa digunakan (.web.id) namun jika perusaan ataupun isi dari website tersebut digunakan untuk global (seluruh dunia) lebih baik menggunakan domain .com, .net, .org dan lain sebagainya karena domain tersebut adalah domain Internasional.

Mudah diingat: Karena sifat domain tersebut adalah sebagai alias sebaiknya memilih nama domain yang mudah di ingat atau sering diucapkan sehari-hari misalnya: potianak.web.id, detik.com, astaga.com

Mudah di ketik: untuk memilih domain usahakan namanya tidak terlalu panjang dan gunakan tanda “-” untuk memisahkan kata-katanya.

Sebelum menyewa suatu domain langkah yang harus dan wajib dilakukan adalah mengechek keberadaan suatu domain, untuk melihat apakah domain yang akan sobat sewa tersedia atau tidak silakan meluncur ke halaman https://whois.domaintools.com/nama-domain-yang-akan-dicari.ext.

Tags: , ,

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.