Home 150 Review 150 UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Memasuki Era Revolusi Industri 4.0 Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Tanjungpura pernah menyelenggarakan sebuah event perdana yang mengusung tema “Creative Engineer for 4th Industri Revolution” yang disajikan dengan latarbelakang perkembangan tekbologi yang begitu pesatnya terlebih pada bidang Industri.

Revolusi Industri Generasi ke Empat yang ditandai dengan munculnya superkomputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, editing genetik dan perkembangan neuroteknologi yang secara tidak sengaja memaksa manusia yang hidup di Era sekarang ini untuk lebih mengoptimalkan fungsi otak (akal dan pikiran) untuk bertahan hidup di Era Revolusi Industri 4.0 ini.

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi di Era Revolusi Industri 4.0 ini yang hampir sebagian besar dunia Industri telah mengunakan mesin (device) sebagai tenaga menggantikan manusia seperti parkiran mall atau rumah sakit, antar jemput makanan dan minuman, online shop, transportasi dan masih banyak lagi pemanfaatan dari Revolusi Industri tersebut.

Sejalan dengan ide tersebut, Universitas Tanjungpura secara kediktoratan sangat mendukung dengan cara memformulasikan UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University yang menjadi tantangan terbesar bagi Universitas dan Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia pada saat sekarang ini.

Berbagai Universitas yang ada di Dunia berlomba untuk membangun Ekosistem Digital seperti Cyber University atau Siber Kampus karena dengan membangun Ekosistem Digital dapat membuat kampus mereka bersaing yang tidak hanya dari dalam negeri melainkan ditaraf Internasional.

Prestasi yang diraih Universitas Tanjungpura

Universitas Tanjungpura yang terletak di Jalan Ahmad Yani ini sudah mencatat kelulusan sebanya 66008 orang, dengan mahasiswa yang aktif sebanyak 31509 mahasiswa, serta 95 program studi yang ada ditempatkan di 9 fakultas, 1011 dosen tetap dan tidak tetap serta jumlah penelitian yang pernah dilakukan sebanyak 33110 penelitian.

Prestasi tersebut tidak hanya membuat Universitas Tanjungpura menjadi pilihan utama dan pertama para peserta didik yang menyelesaikan seolahnya dibangku SMA karena sekarang Universitas Tanjungpura telah membangun ekosistem digital guna menuju cyber university atau yang dikenal dengan siber kampus.

Sekilas tentang Cyber University

Sejak berkembangnya dunia cyber di Indonesia telah banyak yang menggunakan e-learning sebagi media pembelajaran, banyak tugas-tugas kuliah yang menggunakan media surat elektronik untuk menyampaikan kepada dosen serta beberapa universitas telah melakukan video conference dalam proses belajar mengajar namun saat itu masih belum terpusat dan masih terbatas.

Sejak itu lah perkembangan demi perkembangan dengan berbagai riset dan penelitian serta memadukan antara dunia pendidikan dan perkembangan teknologi yang kian pesat munculah istilah baru yang disebut dengan Cyber Campus atau Cyber University (siber kampus) yang bertujuan untuk menjadikan kampus dengan basis komputasi yang ditunjang oleh teknologi informasi yang mencakup semua lini baik dari sistem pembelajaran, fasilitas baik sarana dan prasarana serta menyangkut kurikulum yang ada. by pontianak.web.id

Selain proses belajar mengajar yang berbasis teknologi, sistem manajeman kampus juga telah disiapkan untuk menyongsong pembangunan Ekosistem Digital Menuju Cyber University seperti presensi secara online, virtual library atau perpustakaan online dimana mahasiswa dapat menemukan literatur bukan hanya ditoko buku melainkan mereka bisa berkunjung ke perpustakaan kampus hanya lewat smartphone atau perangkat komputer mereka sehingga lebih praktis dan efisien karena semua itu telah hadir dan bisa dinikmati lewat devace yang mereka miliki dimana dan kapan saja.

Dukungan dari Pemerintah

Bersumber dari Siaran Pers Kemenristekdikti Nomor : 219/SP/HM/BKKP/X/2019. Beberapa dekade terakhir pendidikan tinggi telah ditempatkan sebagai pemain paling penting dalam sistem global. Eksistensi pendidikan tinggi semakin didorong oleh pengetahuan, informasi, dan gagasan. Dengan menjalin kerjasama antara Indonesia dan Korea yang merupakan dukungan kepada perguruan tinggi di Indonesia agar dapat secara bersama sama membangun sumberdaya modal dan manusia serta pemanfaatan teknologi yang semakin hari semakin berkembang secara revolusioner, agar pengetahuan menggantikan sumber daya lain sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi, dan pendidikan semakin menjadi dasar bagi kesejahteraan individu dan mobilitas sosial maka diluncurkannya Asia Cyber University (ACU) di Indonesia by pontianak.web.id

Asia Cyber University (ACU) dapat berkontribusi dalam menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih luas serta keberhasilan individu. Hal itu dapat dimulai dengan komitmen penuh untuk memainkan peran kunci dalam menemukan siswa berbakat, terlepas dari latar belakang mereka. Penting untuk memberikan setiap orang kesempatan yang adil – dan peluang terbaik – untuk memenuhi potensi mereka.

Asia Cyber University didukung dengan fasilitas unggulan berupa studio berteknologi terbaik dari Korea untuk melakukan perekaman materi pembelajaran. Pengajar terbaik dari nasional maupun Internasional juga turut didatangkan untuk memberikan materi terupdate dan mumpuni bagi para mahasiswa nantinya.

Tak ketinggalan infrastruktur dan Learning Management System (LMS) yang didesain oleh spesialis dari Korea dan Indonesia dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan konten pembelajaran yang fleksibel dan dapat diakses kapapun dan dimanapun serta tetap memenuhi standar pendidikan nasional dan berorientasi pada standar berkualitas dunia. Asia Cyber University siap berkontribusi terhadap bangsa dan negara.

Kelebihan dan Kekurangan dari Cyber University by pontianak.web.id

Kelebihan

Banyak kelebihan yang didapat dengan menggunakan Teknologi Cyber University seperti efisiensi waktu, kemudahan dalam proses belajar mengajar tanpa harus tersentral disatu ruangan, tanpa ada batasan jarak, bisa menghemat biaya dan masih banyak lagi kelebihan dari pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan.

Kekurangan

Begitu banyaknya kelebihan yang didapat dari pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia pendidikan, sudah barang tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan ditanggulangi antara lain, penggunaan bandwitdh yang bersar untuk menampung arus input dan output pada akses internet publik ke server, pengamanan dari segi software, hardware dan brainware terutama dari segi sumber daya manusia harus benar-benar disiapkan, serta biaya pembangunan infrastruktur yang memang tidak murah dan mudah.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Universitas Tanjungpura yang diulas dari laman wikipedia merupakan universitas negeri di kota Pontianak yang didirikan pada tanggal 20 Mei 1959 dengan nama Universitas Daya Nasional di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional sebagai sebuah universitas swasta. Pendiri lembaga tersebut merupakan tokoh-tokoh politik dan pemuka masyarakat Kalimantan Barat. Pada saat berdiri universitas ini memiliki dua fakultas yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Tata Niaga. Para tenaga pengajar pada masa-masa tersebut adalah para sarjana dan sarjana muda yang terdapat di daerah Kalimantan Barat.

Sejarah Berdirinya Untan

Status Universitas Daya Nasional berubah menjadi Universitas Negeri Pontianak berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 53 Tahun 1963 Tanggal 16 Mei 1963. Namun tanggal peringatan penetapan status universitas negeri ditetapkan 20 Mei 1963 dengan nama Universitas Negeri Pontianak dan ditandai pula dengan dibukanya dua fakultas baru yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik serta perubahan nama Fakultas Tata Niaga menjadi Fakultas Ekonomi.

Sejalan dengan situasi politik RI tahun 1965, nama universitas diubah menjadi Universitas Dwikora (berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 278 Tahun 1965 tanggal 14 September 1965), sekaligus menandai pembukaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol).

Akhirnya nama Universitas Dwikora berganti lagi menjadi Universitas Tanjungpura (Untan), berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 171 Tahun 1967. Nama Universitas Tanjungpura ini berasal dari nama Kerajaan Tanjungpura. Hingga saat ini, UNTAN memiliki sembilan Fakultas dengan jenjang pendidikan hingga Strata Dua (S2).

Pembangunan Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Keseriusan Universitas pertama di Kalimantan Barat ini dalam membangun Cyber Campus dibuktikan dengan membentuk tim peningkatan peringkat Kemenristekdikti dan peningkatan peringkat Webometrics dengan mempersiapkan kegiatan yang dimulai pada bulan januari 2020  seperti Peningkatan kinerja kemahasiswaan, Kinerja inovasi, kerja sama perguruan tinggi dan izin belajar, pengelolaan PD Dikti, SIMKeu, Spada dan Shinta.

Sedangkan peningkatan di Webometrics pemeringkatan Universitas di Indonesia, Untan akan melakukan berbagai kegiatan seperti Lomba Blog, Gerakan Dosen ngeblog, peningkatan konten website untan.ac.id, kerjasama pembuatan Web Sekolah, evaluasi dan revitalisasi jurnal mahasiswa, dan pemeringkatan internal dalam menjalankan visi UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

About Siti Anggareni

Bekerja di Institusi Pendidikan yang bergerak dibidang Kesehatan Gigi kadang sempat dan kadang juga kehabisan waktu untuk menulis seputar life style, pendidikan, kesehatan.

Check Also

Oja Tour and Travel Paket Umroh Singkawang & Pontianak

Ingin umroh aman? Terpercaya? dan Komitmen? Pilihannya ada di Oja Tour and Travel yang akan …

2 comments

  1. Share video Universitas Tanjungpura sekalian tempat kost nya donk, saya berencana mau kuliah disana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.