Bersama Untan Membangun Negeri

by

Bersama Untan Membangun Negeri

Bersama Untan Membangun Negeri – Universitas Tanjungpura atau yang lebih dikenal dengan sebutan Untan merupakan satu-satunya universitas pertama kali di Kalimantan Barat yang berdiri sejak 1959, dan dari data yang diambil (februari 2018) Universitas Tanjungpura telah meluluskan 58,061 mahasiswa, dengan 63 Program Studi dengan mengusung visi “Pada tahun 2020 Universitas Tanjungpura menjadi intitusi perservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi baik ditingkat Daerah, Nasional, Regional maupun Internasional.”  Biaya kuliah dan biaya masuk untan

Universitas Tanjungpura mengajak elemen bangsa untuk ikut berpartisipasi dalam Membangun Negeri melalui jalur pendidikan formal, dengan misi menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat secara bermutu, sehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu memberikan arah bagi pengembangan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.

Berdasarkan misi tersebut Untan bekerja keras untuk menghasilkan lulusan yang mengenal secara mendalam tentang Kalbar, sehingga mampu menjadi pemberi arah pembangunan Kalbar yang tetap seimbang, serasi, selaras dan harmonis, serta mampu berkompetisi baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Universitas mempunyai 9 Fakultas dengan masing-masing disiplin ilmunya, adapun fakultas yang ada di Untan yaitu:

Fakultas Hukum

Fakultas Hukum ingin menjadi lembaga pusat studi hukum di kalimantan barat, yang menghasilkan sumber daya manusia yang lebih baik yang dapat bersaing di tingkat lokal, regional, nasional, dan internasional. Melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat direncanakan dan melanjutkan, Fakultas Hukum terus menghasilkan lulusan yang baik dengan kompetensi akademik yang tinggi.

Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi didirikan pada tahun 1959 dan juga merupakan fakultas tertua di Universitas Tanjungpura. Sampai saat ini, Fakultas Eonomi terus mengembangkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di Kalimantan Barat untuk menjadi Pusat Informasi Ekonomi di Kalimantan Barat dan juga menjadi lembaga yang selalu menghasilkan lulusan yang kompeten untuk kondisi ekonomi yang lebih baik di Indonesia.

Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian ingin menjadi pusat teknologi informasi dalam ilmu pertanian. Fakultas Pertanian terus mengembangkan ilmu pertanian lingkungan dan lanjutan di daerah lokal atau nasional serta berkontribusi aktif kepada masyarakat denga terus melakukan inovasi dan implementasi dalam teknologi ilmu pertanian dengan tujuan memajukan bangsa.

Fakultas Teknik

Fakultas Teknik terus menghasilkan lulusan yang kompeten untuk kebutuhan lokal dan regional. Fakultas Teknik mendidik mahasiswa untuk memiliki keterampilan yang baik dalam bidangnya, menguasai teknologi, dan mengkontribusikan kreativitas mereka untuk kehidupan sosial guna kemjuan bangsa dan terus mengembangan penerapan ternologi dalam pembangunan.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mempersiapkan lulusan yang kompeten untuk kebutuhan lokal dan nasional. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada tahun 2020 ingin menjadi lembaga pusat Politik, Sosial, dan Budaya di Kalimantan Barat khususnya dan Indonesia secara umumnya dengan  tujuan selalu mempertahan kan nilai2 luhur serta aspek aspek sosial dalam kehidupan berpolitik atau sebaliknya.

Fakultas Pendidikan dan Pelatihan Guru

Fakultas Pendidikan dan Pelatihan Guru sebagai lembaga pendidik menghasilkan guru atau pendidik dengan melakukan pendidikan dan penelitian teladan yang berimbang dengan efektif, restrukturisasi, dan sistem deregulasi.Sebagai fakultas dengan mahasiswa terbanyak di harapkan dapat meningkatkan taraf kepedulian terhapap pendidikan masyarakat Kalimantan Barat.

Fakultas Kehutanan

Fakultas Kehutanan ingin menjadi lembaga unggul di penelitian dan pengembangan ilmu kehutanan yang dapat digunakan untuk pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat. Fakultas Kehutanan juga memproduksi sarjana profesional yang kompeten untuk kebutuhan lokal, nasional, dan internasional.

Fakultas MIPA

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebuah lembaga ilmu pasti dan ekstensi yang menghasilkan lulusan dengan karakter berkualitas yang mampu bersaing di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Kami mendidik, meneliti, dan mengembangkan ilmu pasti dalam lingkungan.Tujuan kami adalah terus berinovasi dan mengembangkan iptek guna kemajuan riset dan teknologi di masyarakat

Fakultas Kedokteran

Menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang kompetitif dan profesional di regional, nasional, maupun internasional untuk mewujudkan Kalimantan Barat yang lebih baik. Kami membimbing siswa untuk mengembangkan potensi mereka dengan memfasilitasi mereka dengan ilmu pengetahuan dasar dan menyelesaikan penerapan dalam masalah kesehatan. Kami juga mengembangkan pengetahuan profesional dan keterampilan untuk meningkatkan kinerja lulusan.

 

Dasar penyelenggaraan pendidikan secara khusus dituangkan dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Untuk menghadapi persaingan bangsa dan kemitraan dengan bangsa lain di era globalisasi, Untan memerlukan peningkatan daya saing dan daya mitra. Selain itu, Untan memerlukan kemampuan pengelolaan akademik untuk mewujudkan tri dharma perguruan tinggi yang otonom dan memiliki kebebasan mimbar serta budaya akademik.

Biaya Kuliah di Untan (Universitas Tanjungpura) dan pendaftaran mahasiswa baru di Untan juga bisa dilihat di website resmi Universitas Tanjungpura Mari Bersama Untan Membangun Negeri

#referensi : www.untan.ac.id – Renstra Untan

About Author: bangfad

Gravatar Image
Bangfad - Seorang blogger yang sering kehilangan ide menulis saat didepan komputer, telah lama belajar website yang saat itu masih bernama "homepage" hingga berubah nama menjadi "blog" namun sampai sekarang masih terlihat "cupu" namun tetap mencoba eksis di dunia Blog dan Review.

33 thoughts on “Bersama Untan Membangun Negeri

      1. Makasih Bang, dulu saya pengen sekali Kuliah di UNTAN yang super ini, namun Sang MAHA Pemilik Ilmu berkehendak lain.

        Meskipun demikian saya masih berharap bisa melanjutkan tahap pendidikan saya di UNTAN agar dapat seperti para Alumnus yang berjuang bersama Membangun Negeri kita Tercinta ini.

      2. Makasih Bang, dulu saya pengen sekali Kuliah di UNTAN yang super ini, namun Sang MAHA Pemilik Ilmu berkehendak lain.

        Meskipun demikian saya masih berharap bisa melanjutkan tahap pendidikan saya di UNTAN agar dapat seperti para Alumnus yang berjuang bersama Membangun Negeri kita Tercinta ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *