Portal Khatulistiwa

Berita - Jasa - Iklan - Review - Produk - Lokal - Website

Android 5.0 Lolipop penerus Android KITKAT

Android 5.0 Lolipop penerus Android KITKAT

Bulan Juni lalu Google telah mengumumkan akan kehadiran Android versi baru yang saat itu diberi nama Android “L” sebagai nama sementara dan banyak yang menebak dengan benar, ternyata L itu adalah Lollipop.

Melalui blog resmi Google disini, Google telah mengumumkan nama Android Lollipop sebagai nama penerus versi Android terbaru (Android 5.0).
Beberapa hal baru sudah kami bahas disini tetapi ada beberapa hal lainnya yang mungkin cukup berguna di Android Lollipop ini:

– Notifications

Bila sebelumnya ada beberapa hal yang mungkin cukup menyebalkan ketika kita menerima notifikasi tertentu maka di Lollipop sudah tidak akan mengganggu lagi, misalnya ketika kita sedang nonton atau browsing dan ada telpon masuk, maka kita tidak akan kesal karena notifikasi ada telpon masuk langsung mengganti apa yang sedang kita lihat, di Lollipop kita bisa memilih apa mau menerima panggilan tersebut atau trus melakukan apa yang sedang kita lakukan.

Notifikasi yang akan muncul di Lock Screen, sebenarnya ini bukan hal baru tapi jika sebelumnya kita harus menginstall aplikasi pihak ke-3 untuk bisa melakukan ini, di Lollipop sudah menjadi standar.

Satu fitur lagi yaitu Priority Mode yang bisa diakses melalui tombol volume, fitur ini bisa mematikan semua notifikasi dalam periode tertentu (misal dari jam 9 malam – 6 pagi) kecuali notifikasi yang kita anggap penting.

– Battery

Ada fitur battery saver yang diklaim bisa memperpanjang pemakaian sampai 90 menit dan yang tidak kalah pentingnya, sekarang kita bisa melihat berapa lama waktu isi ulang baterai sampai penuh, ini penting mengingat kadang kita ingin tahu kapan isi ulang baterai ponsel penuh 100% karena mungkin ada janji atau hal lainnya yang harus dikerjakan.

– USB Audio Support

Di Lollipop kita bisa menyambungkan perangkat media seperti speaker, microphone dan lainnya yang menggunakan koneksi USB.

– Camera

Seperti sudah digosipkan cukup lama, Lollipop bisa mendukung format foto RAW (Bayer RAW) dan YUV dan nantinya juga semua foto bisa menyimpan informasi metadata seperti informasi optical dan lainnya.

– OK Google

Saat ini OK Google bisa diakses dari manapun tetapi dengan posisi ponsel harus menyala tetapi di Lollipop, OK Google bisa diakses walaupun ponsel sedang dalam keadaan mati (standby atau layar mati) tetapi sepertinya fitur ini tergantung dari ponsel yang anda miliki.

Banyak yang baru memang di Android Lollipop ini tetapi sebenarnya ada satu hal yang kami ingin punya yaitu bisa mengaktifkan ponsel dengan menyentuh layar atau tidak perlu tekan tombol, setuju engga untuk yang satu ini?

Android Lollipop sudah bisa dinikmati untuk yang beli Nexus 6 dan Nexus 9, nanti kami akan bahas 2 gadget terbaru yang banyak ditunggu.

Tags: , , ,

5 Responses

  1. Ignatius17 June 2015 at 12:31 pmReply

    OK google itu lebih detailnya buat apa ya fungsinya?

    • Author

      bangfad8 July 2015 at 4:36 amReply

      yang paling populer dari google adalah mesin pencarinya 😉

  2. Rizky7 July 2015 at 10:32 amReply

    setelah lollipop kira-kira lanjutannya apa yaa?

    • Author

      bangfad8 July 2015 at 4:35 amReply

      Setelah itu sepertinya es sanghai :p

      • vivo5 August 2015 at 10:27 amReply

        ahhaha es shanghai. Martabak kali ya, abis L kan M.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.